12 Kegunaan Keren Virtual Reality

      Comments Off on 12 Kegunaan Keren Virtual Reality
Virtual Reality

12 Kegunaan Keren Virtual Reality – Siapa yang tidak kenal dengan virtual reality? Dari bidang kedokteran hingga dunia arsitektur, VR telah terbukti menjadi teknologi terobosan untuk berbagai industri. Teknologi realitas virtual memiliki potensi besar untuk mengubah masa depan untuk sejumlah bidang mulai dari kedokteran, bisnis, arsitektur hingga manufaktur.

Baca Juga: Memulai Bekerja dengan Kemajuan Teknologi

Psikolog dan profesional medis lainnya menggunakan VR untuk meningkatkan metode terapi tradisional dan menemukan solusi efektif untuk perawatan PTSD, kecemasan dan gangguan sosial. Dokter menggunakan VR untuk melatih mahasiswa kedokteran dalam pembedahan, mengobati rasa sakit pasien dan bahkan membantu para lumpuh mendapatkan kembali fungsi tubuh.

Baca Juga: Efek Minum Alkohol Selama Masa Kehamilan

Dalam bisnis, berbagai industri mendapat manfaat dari VR. Pembuat mobil menciptakan kendaraan yang lebih aman, arsitek membangun gedung yang lebih kuat dan bahkan agen perjalanan menggunakannya untuk menyederhanakan perencanaan liburan.

Pergi ke Dokter Gigi Tanpa Sakit

Dokter gigi dapat menggunakan realitas virtual untuk mengalihkan perhatian pasien dan mengurangi kecemasan dan rasa sakit. Sebuah studi baru-baru ini menguji 79 pasien, memasangkan sepertiga dari mereka dengan headset VR yang menggambarkan pemandangan pantai, sepertiga dengan VR pemandangan kota dan sisanya sepertiga tanpa VR sama sekali.

Baca Juga: Apa Manfaat Teknologi dalam Bisnis

Pasien yang mengalami adegan pantai VR dilaporkan memiliki “rasa sakit yang jauh lebih sedikit” dibandingkan dengan mereka dalam dua kelompok lainnya. Para pasien yang melihat pemandangan kota lewat VR tidak merasakan hal ini, bukan hanya VR itu sendiri tapi pemandangan menenangkanlah yang membantu mengalihkan perhatian dan menenangkan pasien.

Melatih Karyawan

Walmart menggunakan VR untuk melatih karyawan tokonya. Bekerjasama dengan startup VR, STRIVR, Walmart menggunakan teknologi VR di akademi pelatihannya untuk membantu karyawan mengalami skenario dunia nyata.

Baca Juga: 17 Kegunaan Hebat Pemindai Wajah

Karyawan dapat mengalami kejadian pelanggan yang akan liburan yang terburu-buru atau kekacauan di lorong, dan belajar bagaimana merespons dan menangani kejadian ini secara efektif.

Membantu Pasien Lumpuh Mendapatkan Kembali Fungsi Tubuh

Sebuah studi selama setahun yang dilakukan oleh Universitas Duke menemukan manfaat besar teknologi realitas virtual bagi pasien lumpuh. Pasien yang memakai headset VR berperan menjadi pemain sepak bola yang harus bergerak melintasi stadion, para pasien dapat memperoleh kembali beberapa fungsi otak yang terkait dengan pergerakkan kaki mereka.

Dari delapan pasien yang diuji, masing-masing mendapatkan kembali kontrol dan empat berhasil ditingkatkan dari lumpuh penuh menjadi lumpuh parsial.

Mengobati PTSD

Secara tradisional, dokter menggunakan “terapi paparan” untuk mengobati hampir 8 juta orang dewasa yang menderita PTSD dalam setahun. Terapi paparan mendorong pasien untuk menceritakan trauma mereka, memvisualisasikannya dalam imajinasi mereka dan menjelaskan kepada dokter apa yang terjadi ketika mereka mengalami skenario stres.

VR pada dasarnya menggunakan metode yang sama, sambil menggunakan headset VR untuk menciptakan dunia virtual dengan elemen tambahan (misalnya, helikopter, senapan mesin dan rudal dapat digunakan untuk menyesuaikan pengalaman bagi veteran perang). Pasien kemudian diminta untuk menceritakan apa yang terjadi.

Melatih Mahasiswa Kedokteran

VR memberikan mahasiswa kedokteran dan kedokteran gigi lingkungan yang aman dan terkendali untuk melakukan operasi dan prosedur, memungkinkan mereka untuk melakukan kesalahan tanpa berdampak pada pasien yang sebenarnya, dan mempersiapkan diri untuk situasi yang tidak terduga. Melakukan prosedur “langsung” dan mampu berinteraksi dengan pasien virtual memungkinkan siswa mengembangkan keterampilan mereka, yang nantinya dapat mereka terapkan ke dunia nyata.

Mengobati Rasa Sakit

Dokter menggunakan “terapi gangguan” melalui VR untuk membantu orang menangani rasa sakit saat mereka menjalani perawatan seperti terapi fisik. Sebuah studi 2011 tentang korban luka bakar mengungkapkan bahwa SnowWorld, sebuah permainan VR yang memungkinkan pengguna melempar bola salju ke penguin sambil mendengarkan Paul Simon, telah terbukti lebih efektif daripada morfin dalam manajemen nyeri.

Baca Juga: 7 Pekerjaan Baru di Dunia Virtual Reality

Peneliti Inggris pada tahun 2017 menguji VR pada pasien yang menjalani perawatan gigi dan menemukan penggunaannya mensimulasikan pemandangan pantai mengurangi rasa sakit yang dialami dan diingat kembali dibandingkan tanpa VR. Namun, VR kurang efektif ketika menggambarkan pemandangan perkotaan.

Mengobati Serangan Kecemasan

Lebih dari 40 juta orang dewasa di AS mengalami serangan kecemasan. Permainan VR “versi digital dari latihan diafragma” terbukti membantu orang-orang mengatasi ketakutan dan kecemasan dengan menggunakan sabuk yang memonitor pernapasan.

Permainan ini menempatkan pengguna ke dalam pengaturan alami dan membimbing mereka melalui latihan pernafasan perut yang menenangkan pengguna dalam waktu sekitar lima menit.

Membantu Autisme

Untuk membantu anak-anak dan remaja dengan autisme mengembangkan keterampilan sosial. Profesor di University of Texas di Dallas telah menciptakan program yang menggunakan VR untuk membantu anak-anak dengan autisme mengembangkan keterampilan sosial.

Baca Juga: 5G Streaming Lebih Cepat & Bisnis Lebih Baik 

Dengan menempatkan anak-anak, remaja, dan dewasa muda dalam skenario sosial seperti wawancara kerja atau kencan buta dengan avatar, mereka belajar bagaimana memahami isyarat sosial dan merespons dengan tepat. Dengan memantau gelombang otak di seluruh program, para profesor memperhatikan peningkatan aktivitas di area yang terhubung dengan pemahaman sosial.

Membantu Bisnis

Hati fitur video chat, virtual reality sudah hadir. Bisnis mulai menggunakan VR dalam sejumlah cara: untuk mengurangi biaya, mengurangi perjalanan bisnis, melakukan wawancara, memberikan tur, meramalkan tren, dan mengadakan pertemuan.

Daripada bepergian untuk konferensi atau rapat, atau mewawancarai seorang kandidat “secara langsung,” perusahaan menggunakan ruang konferensi virtual. Bisnis yang memiliki produk berbahaya atau berada pada tahap awal menggunakan VR untuk menguji keamanan dan fungsionalitas tanpa membahayakan kesehatan karyawan.

Model Desain Arsitek yang Lebih Baik

Realitas virtual akan menguntungkan pemain utama di ruang konstruksi seperti arsitek dan desainer. Alat ini memungkinkan pengguna untuk secara virtual menghuni ruang dalam tiga dimensi. Gambar yang dihasilkan komputer akan menggantikan rendering yang digambar dengan tangan.

Pada akhirnya mengurangi waktu yang dihabiskan untuk tata letak dan gambar yang dikerjakan ulang, secara efektif mengurangi biaya dan meningkatkan keamanan.

Baca Juga: Bagaimana Google Merubah Dunia

Mensimulasikan dunia nyata tidak hanya akan memungkinkan desainer untuk lebih mudah membuat bangunan dan ruang, dari pencahayaan hingga lantai hingga fondasi, tetapi juga akan memungkinkan desainer menguji lingkungan sebelum benar-benar membangunnya. Misalnya, mereka dapat secara realistis memahami seberapa cepat seseorang dapat keluar gedung jika terjadi keadaan darurat.

Menguji Keamanan Mobil dan Mendorong Penjualan

VR memberi para insinyur mobil kemampuan untuk menguji keamanan kendaraan dalam lingkungan virtual sebelum benar-benar membuatnya. Selain dari proses pembuatan mobil, perusahaan mobil besar seperti Ford, Volvo dan Hyundai menggunakan realitas virtual dalam penjualan juga dengan memiliki pelanggan potensial menggunakan headset VR untuk menguji kendaraan.

Baca Juga: Bagaimana Otomasi Mengubah Industri Pertanian

Merencanakan Liburan Anda Berikutnya

Anda akan segera dapat “mencoba dulu sebelum terbang” melalui realitas virtual. Wisatawan yang ingin memesan perjalanan selanjutnya dapat mengamati tujuan, hotel, atau kota untuk melihat apa yang ditawarkannya. Misalnya, pelanggan di mal UK dapat mengalami penerbangan helikopter di sekitar Kota New York atau naik perahu di sekitar Patung Liberty.

Nah, itulah sekilas tentang kegunaan virtual reality pada kehidupan sehari. Anda juga dapat bermain judi online dengan mudah lho. Selain itu, temukan informasi lengkap tentang pekerjaan di sini.