7 Pekerjaan Baru di Dunia Virtual Reality

      Comments Off on 7 Pekerjaan Baru di Dunia Virtual Reality
Dunia Virtual Reality

7 Pekerjaan Baru di Dunia Virtual Reality – Dunia virtual reality menjadi babak baru dalam kehidupan sekarang ini. Seratus tahun yang lalu, sebelum pesawat ditemukan, tidak ada pekerjaan seperti pilot, pramugari atau awak bandara. Tidak ada pemesanan penerbangan online, tidak ada alat perbandingan harga atau semua pekerjaan yang diciptakan industri penerbangan.

Baca Juga: Memulai Bekerja dengan Kemajuan Teknologi

Komputer dan Internet berada masih jauh di masa depan ketika Wright bersaudara melakukan penerbangan bersejarah mereka. Bayangkan betapa senangnya mereka melihat kontribusi mereka sepenuhnya terwujud dengan cara ini.

Ketika sebuah penemuan baru lahir, pekerjaan baru dan bisnis baru diciptakan, tidak hanya untuk mengoperasikan penemuan itu sendiri, tetapi juga muncul untuk mendukung dan menggunakannya. Virtual Reality (VR) akan menjadi salah satu penemuan tersebut. Berikut adalah tujuh peluang bisnis yang mungkin ada di masa depan karena VR.

Baca Juga: Efek Minum Alkohol Selama Masa Kehamilan

1. Pengembang Virtual Reality

Perusahaan pengembangan VR sudah merupakan hal yang nyata.  Pengalaman Oculus Rift mencakup ratusan judul dan jumlahnya terus bertambah setiap hari. Dengan meningkatnya jumlah investor yang memasukkan uang ke dalam VR, bisnis pengembang sangat diminati saat ini. Pertumbuhan ini akan berlanjut untuk beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: Apa Manfaat Teknologi dalam Bisnis

Dengan pendidikan pengembangan VR yang tersedia dan investasi berkelanjutan dalam industri, orang dapat mengharapkan penampilan perusahaan pengembangan perangkat lunak yang berfokus secara eksklusif pada VR.

2. Memproduksi 360 Video

Video yang diproduksi untuk ditonton dengan teknologi 360 derajat adalah salah satu konten VR yang paling populer dan dapat diakses saat ini. Dari perspektif konsumen, 360 video tidak memerlukan headset dan PC yang mahal untuk menjalankannya.

Baca Juga: Bagaimana Otomasi Mengubah Industri Pertanian

Dari perspektif produksi mereka cukup murah untuk diproduksi dibandingkan dengan pengalaman yang didapatkan sepenuhnya. Beberapa tahun yang lalu tidak ada yang namanya perusahaan produksi video 360. Sekarang jumlahnya bertambah setiap tahun, menghasilkan konten yang luar biasa. Semua berkat VR.

3. Desainer UI / UX untuk Virtual Reality

Ketika membahas deep experience, orang tidak boleh lupa tentang pengguna. Desain pengalaman pengguna (UX) dan antarmuka pengguna (UI) sangat penting dalam pengembangan aplikasi mobile dan desktop dan sangat penting untuk VR.

Baca Juga: 17 Kegunaan Hebat Pemindai Wajah

UX yang baik untuk VR tidak hanya akan membantu pengguna untuk memiliki pengalaman yang lebih menyenangkan tetapi juga menghindari sensasi mabuk. Yang masih menjadi masalah VR saat ini. Saat ini tidak ada standar industri untuk UI dan UX di VR. Akhirnya akan ada. Di sinilah kebutuhan akan desainer UI / UX dan perusahaan konsultan untuk VR akan muncul.

4. Pusat Terapi VR

Saat ini 7,8 persen dari populasi AS menderita PTSD (Post Traumatic Stress Disorder), dan 18 persen menderita serangan kecemasan. VR telah terbukti efektif dalam pengobatan PTSD dan gangguan kecemasan. Saat ini VR sebagian besar digunakan untuk terapi paparan, secara bertahap memaparkan orang pada situasi yang memicu kecemasan atau PTSD mereka.

Orang berharap lebih banyak terapis menggunakan VR untuk membantu mereka yang membutuhkan. Demikian juga, berharap untuk melihat pusat terapi VR khusus muncul di seluruh negeri. Mungkin kantor yang menenangkan dengan banyak kamar kecil namun nyaman yang dilengkapi dengan perangkat keras VR dan teknisi terlatih, dengan para profesional medis yang meresepkan dan memantau pengalaman pengguna.

 5. Pusat Perawatan Kecanduan VR

Ini tidak merujuk pada pemanfaatan VR untuk mengobati kecanduan. Itu berarti memperlakukan mereka yang menjadi kecanduan VR dan pada gilirannya memiliki kesulitan berfungsi di dunia nyata karena memilih untuk “hidup” di dunia virtual. Kembali pada tahun 2014, BBC membahas kemungkinan nyata pengguna VR menjadi kecanduan.

Baca Juga: 12 Kegunaan Keren Virtual Reality

Satu majalah melangkah lebih jauh untuk bertanya, “Apakah VR obat keras kita selanjutnya?” Video game telah dipastikan membuat ketagihan. Bayangkan pengalaman mendalam yang semakin memikat pikiran kita? Seiring dengan peningkatan teknologi, baik dari sudut pandang perangkat keras maupun konten, sangat mudah untuk memahami bahwa ini bisa menjadi masalah yang sangat nyata.

6. Sistem Pembayaran untuk VR

Pihak retail mencoba ikut serta dalam perkembangan dunia VR sebagai sarana untuk memerangi penurunan pembelian di dalam toko. Bagaimana konsumen akan membayar? Akankah ada mata uang virtual selain bitcoin yang akan dibuat dan digunakan di dunia virtual? Siapa yang akan mengelolanya? Apakah pasar mata uang virtual akan dibuat di mana pengguna dapat berdagang mata uang virtual yang nilainya terkait dengan mata uang dunia nyata?

Baca Juga: 5G Streaming Lebih Cepat & Bisnis Lebih Baik 

Alibaba baru-baru ini memperkenalkan VR Pay, sistem pembayaran realitas-virtual yang memungkinkan pembeli realitas virtual membayar barang hanya dengan mengangguk. Ini menimbulkan pertanyaan, apa cara lain untuk melakukan transaksi virtual yang akan dibuat?

Khususnya saat kita memahami bagaimana pengguna berinteraksi di dunia virtual, seperti apa kebiasaan belanja mereka? Akankah orang membelanjakan lebih dari yang seharusnya, karena pembelian itu sendiri tidak akan nyata? Apa yang terjadi ketika paket fisik tiba.

7. Firma Hukum Fokus Pada VR

Pengalaman virtual yang benar-benar mendalam akan hampir mustahil untuk terpisah dari dunia nyata. Akankah hukum dan peraturan dunia nyata diterapkan ke dunia virtual?

Lisensi akan menjadi masalah. Beberapa dunia virtual akan dibuat, berpotensi jumlah yang tak terbatas. Namun yang pasti sebagian dunia itu akan terlihat seperti dunia di sekitar Anda saat ini, lengkap dengan konten logo, musik, dan video yang semuanya diputar di televisi virtual di dunia virtual.

Seseorang dapat membayangkan pertemuan pengguna di bar olahraga virtual, lengkap dengan pertandingan bisbol malam itu dan pertarungan UFC. Major League Baseball dan UFC, bersama dengan liga olahraga dan studio hiburan utama lainnya, akan menuntut untuk melindungi konten mereka.

Baca Juga: Bagaimana Google Merubah Dunia

Hukum yang mengatur penggunaan konten dan bahkan merek pribadi (contoh, Kim Kardashian) pada akhirnya akan diluncurkan untuk melindungi mereka yang membuat (atau siapa) konten tersebut. Penemuan dan teknologi baru membuka jalan menuju industri dan peluang yang sepenuhnya baru. Ini akan menarik untuk melihat apa yang melahirkan VR.