Bagaimana Otomasi Mengubah Industri Pertanian

      Comments Off on Bagaimana Otomasi Mengubah Industri Pertanian
Otomasi Mengubah Industri Pertanian

Bagaimana Otomasi Mengubah Industri Pertanian – Pernahkah Anda bertanya bagaimana otomasi mengubah iIndustri pertanian? Perkembangan pertanian adalah momen penting dalam kemanusiaan.

Baca Juga: 12 Kegunaan Keren Virtual Reality

Kemampuan manusia untuk merekayasa lingkungan untuk menghasilkan makanan yang cukup untuk mempertahankan pertumbuhan populasi yang besar adalah perubahan besar pertama dalam hubungan antara manusia yang sepenuhnya modern dan lingkungan.

Baca Juga: Efek Minum Alkohol Selama Masa Kehamilan

Artikel terbaru ini akan berbagi informasi tentang bagaimana otomasi mengubah Industri Pertanian. Kemajuan baru dalam teknologi mulai dari robotika dan drone ke perangkat lunak visi komputer telah sepenuhnya mengubah pertanian modern. Petani sekarang memiliki akses ke alat yang akan membantu mereka memenuhi tuntutan populasi dunia kita yang terus meningkat.

Baca Juga: Memulai Bekerja dengan Kemajuan Teknologi

Apa yang dimaksud dengan otomasi pertanian?

Otomatisasi pertanian, sering dikaitkan dengan “pertanian pintar”, adalah teknologi yang membuat pertanian lebih efisien dan mengotomatiskan siklus produksi tanaman atau ternak. Semakin banyak perusahaan yang bekerja pada inovasi robot untuk mengembangkan drone, traktor otonom, pemanen robot, penyiraman otomatis, dan robot penyemaian.

Teknologi apa yang digunakan dalam otomasi pertanian?

Tujuan utama dari teknologi otomatisasi pertanian adalah untuk mencakup tugas-tugas duniawi yang lebih mudah. Berikut adalah beberapa teknologi utama yang paling umum digunakan oleh pertanian.

Baca Juga: Apa Manfaat Teknologi dalam Bisnis

Otomatisasi Panen

Memanen buah dan sayuran selalu terbukti menjadi masalah sulit untuk diotomatisasi. Robot panen harus lembut dengan produk untuk menghindari memar dan kerusakan. Agrobot telah berhasil mengembangkan robot pertama untuk memanen stroberi dengan lembut, di mana pun dan bagaimana mereka tumbuh.

Apa Manfaat Otomasi dalam Teknologi Industri Pertanian?

Traktor otonom

Traktor otonom dapat dikontrol dari jarak jauh atau bahkan diprogram untuk memberikan otonomi penuh kepada produsen. Traktor otonom Rabbit Tractor memberikan nilai kepada petani tanaman pangan tidak hanya melalui pengurangan biaya tenaga kerja, tetapi melalui peningkatan efisiensi di seluruh operasi dan peningkatan hasil.

Baca Juga: 17 Kegunaan Hebat Pemindai Wajah

Pembibitan dan Penyiangan

Robotika yang dikembangkan untuk penyemaian dan penyiangan dapat menargetkan area tanaman tertentu. Dalam pembibitan, ini dapat dengan mudah mengurangi tenaga kerja dan tugas-tugas duniawi di pertanian. Penyiangan robot dapat menjadi sangat akurat dan mengurangi penggunaan pestisida hingga 90% dengan visi komputer.

Drone

Drone dapat digunakan untuk memantau kondisi jarak jauh dan bahkan menerapkan pupuk, pestisida, dan perawatan lainnya dari atas. Mereka juga dapat dengan cepat dan efektif mengidentifikasi area masalah dengan pencitraan dan analisis inframerah untuk membantu petani mendiagnosis masalah sejak dini.

Baca Juga: 7 Pekerjaan Baru di Dunia Virtual Reality

Keuntungan otomasi pertanian

Teknologi otomatisasi pertanian menangani masalah-masalah utama seperti meningkatnya populasi global, kekurangan tenaga kerja pertanian, dan perubahan preferensi konsumen. Manfaat mengotomatiskan proses pertanian tradisional sangat penting.

Baca Juga: Bagaimana Google Merubah Dunia

Manfaat Konsumen

Preferensi konsumen bergeser ke arah produk organik dan diproduksi secara berkelanjutan. Dengan teknologi otomatisasi, produk mencapai konsumen lebih cepat, lebih segar, dan lebih berkelanjutan. Peningkatan produktivitas dari otomatisasi meningkatkan hasil dan laju produksi, sehingga mengurangi biaya bagi konsumen.

Efisiensi Tenaga Kerja

Tenaga kerja lebih dari 50% dari biaya untuk menumbuhkan pertanian dan 55% petani mengatakan mereka terkena dampak kekurangan tenaga kerja. Karena hal ini, 31% petani beralih ke tanaman yang kurang padat karya. Namun, ada potensi besar dengan robot panen.

Baca Juga: 5G Streaming Lebih Cepat & Bisnis Lebih Baik 

Mengurangi Jejak Lingkungan

Praktik otomasi pertanian dapat membuat pertanian lebih menguntungkan sekaligus mengurangi jejak ekologis pertanian pada saat yang sama. Perangkat lunak aplikasi khusus lokasi dapat mengurangi jumlah pestisida dan pupuk yang digunakan sambil juga mengurangi emisi gas rumah kaca. Itulah ulasan tentang bagaimana otomasi mengubah Industri Pertanian. Semoga berhasil.